Tujuan pendirian sekolah tentu tidak lepas dari keinginan agar sekolah diminati oleh masyarakat. Keberhasilan SMP Muhammadiyah 1 Surabaya dalam manajerialnya adalah sebuah pendekatan pengelolaan strategis (strategic management) dalam rangka mengoptimalkan seluruh upaya yang dilakukan oleh SMP Muhammadiyah 1 Surabaya guna mewujudkan Visi yang dimiliki sejak semula.
Seorang kepala sekolah visioner dapat mengatur sekolah yang dipimpinnya dengan penuh perubahan, dan berorientasi ke arah pengembangan sekolah di masa depan. Perubahan-perubahan yang akan terjadi di masa depan, dapat diprediksi dalam program pengembangan sekolah yang dirumuskannya. Atas dasar pemikiran tersebut, kepemimpinan visioner kepala sekolah merupakan solusi terbaik yang diperlukan dalam pengembangan sekolah.
Visi adalah kunci keberhasilan kepemimpinan kepala sekolah. Pernyataan ini, adalah indikator utama yang dapat mengantarkan kesuksesan kepala sekolah dalam membawa sekolahnya ke arah yang dicita-citakan. Visi memainkan peranan penting, tidak hanya pada tahap awal, tetapi pada keseluruhan siklus pengelolaan sekolah. Visi adalah penunjuk arah bagi kepala sekolah yang ingin mendalami organisasi sekolah dan kemana tujuannya. Cepat atau lambat, akan tiba waktunya, di mana kepala sekolah harus merumuskan kembali arahnya, atau mungkin suatu perubahan menyeluruh dan langkah pertamanya akan selalu berupa sebuah visi yang baru. Visi adalah intisari kepemimpinan kepala sekolah. Visi merupakan alat yang tak tergantikan, kecuali jika kepemimpinan kepala sekolah memang sengaja diarahkan pada kegagalan. Untuk memahami mengapa demikian, perhatikan hakikat sebenarnya dari kepemimpinan dalam sebuah organisasi dan bagaimana visi mempengaruhinya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *