SEKILAS INFO
: - Sunday, 07-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil, Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir “Cukuplah Allah menjadi Penolong bagi kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”
  • 1 tahun yang lalu / Surat Mujadilah/58 ayat 11, يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”
Suku Sejenis dalam Aljabar

Suku-suku sejenis

sumber: https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/sumberbelajar/tampil/Bentuk-Aljabar-dan-Unsur-unsurnya-2013/konten3.html

Kalian sudah paham tentang pengertian suku pada kegiatan belajar 1, kalau sudah mari  kita pelajari kegiatan belajar 2, yaitu tentang suku-suku sejenis. Coba kalian perhatikan beberapa kelompok gambar berikut. Dapatkah kalian menentukan pasangan gambar hewan yang sama?


Dari sekumpulan gambar tersebut, terdapat dua pasang gambar hewan yang sama. Gambar 3 dan Gambar 5 adalah sama-sama gambar gajah. Gambar 4 dan Gambar 6 adalah sama-sama gambar kuda. Jika 1 ekor gajah dimisalkan huruf g, 1 ekor kuda
dimisalkan huruf k dan 1 buah pisang dimisalkan huruf p,  maka dalam bentuk aljabar dapat dituliskan sebagai  berikut :
Gambar 3 : Dua ekor gajah, dapat dituliskan dalam bentuk 2g
Gambar 4 : Tiga ekor kuda, dapat dituliskan dalam bentuk 3k
Gambar 5 : Seekor gajah, dapat dituliskan dalam bentuk g
Gambar 6 : Dua ekor kuda, dapat dituliskan dalam bentuk 2k
Gambar 7 : Tiga buah pisang, dapat dituliskan dalam bentuk 3p
Pasangan bentuk aljabar 2g dan g disebut pasangan suku sejenis, karena sama-sama menggunakan huruf/peubah yang sama yaitu g. Pasangan bentuk aljabar 3k dan  2k juga disebut pasangan suku sejenis, karena sama-sama menggunakan huruf/peubah yang sama yaitu k. Sedangkan 2g dan 2p bukan suku sejenis, karena tidak menggunakan huruf/peubah yang sama (huruf/peubahnya berbeda).
Maka suku-suku dikatakan sejenis bila memuat huruf/peubah/variabel dan pangkat peubah yang sama, dan sebaliknya jika berbeda maka disebut suku-sku yang tidak sejenis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Alhamdulillah, 4 Peserta Didik SMP Muhammadiyah 1 Surabaya lolos masuk babak selanjutnya dalam KSN (KOMPETISI SAINS NASIONAL) TAHUN 2021 TAHAP 1 DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA

Jadwal Pembelajaran Daring Semester Genap 2021

PPDB SMP Muhammadiyah 1 Surabaya