SEKILAS INFO
: - Sunday, 07-03-2021
  • 1 tahun yang lalu / حسبن الله ونعم الوكيل نعم المولى ونعم النصير Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil, Ni’mal Maula Wa Ni’man Nashir “Cukuplah Allah menjadi Penolong bagi kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung”
  • 1 tahun yang lalu / Surat Mujadilah/58 ayat 11, يَرۡفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ مِنكُمۡ وَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡعِلۡمَ دَرَجَـٰتٍ۬‌ۚ “Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.”
Bentuk Aljabar

Pengertian Bentuk Aljabar

Mari kita mulai kegiatan belajar 1, yaitu tentang pengertian bentuk aljabar. Sebelumnya coba kalian perhatikan gambar berikut. Tampak pada gambar terdapat sekumpulan hewan dengan banyaknya tertentu. Bagaimana kalian menyebutkan kumpulan hewan tersebut? Bagaimana pula kalian menyebutkannya dalam bentuk matematika?

 



Pada gambar terdapat 3 ekor kucing, 2 ekor bebek dan 4 ekor ayam. Penyebutan tersebut dapat dituliskan dengan sederhana menggunakan satu huruf mewakili satu jenis hewan sebagai berikut :
– 1 ekor kucing dimisalkan dengan k, maka 3 ekor kucing dapat dituliskan sebagai 3k
– 1 ekor bebek dimisalkan dengan b,  maka 2 ekor bebek dapat dituliskan sebagai 2b
– 1 ekor ayam dimisalkan dengan a, maka  4 ekor ayam dapat dituliskan sebagai 4a
Sedangkan penyebutan 3 ekor kucing, 2 ekor bebek dan 4 ekor ayam dapat dituliskan sebagai 3k + 2b + 4a. Bentuk seperti itulah dalam matematika yang disebut dengan bentuk aljabar.  Suatu bentuk aljabar terjadi dari suatu konstanta dan variabel (peubah) atau kombinasi konstanta dan peubah melalui operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, perpangkatan dan pengakaran.  Pada penulisan 3 ekor kucing yaitu 3k, disebut bentuk aljabar suku tunggal karena hanya terdiri dari satu suku, penulisan 3 ekor kucing dan 2 ekor bebek yaitu 3k + 2b, disebut bentuk aljabar suku dua (binom) karena terdiri dari dua suku yaitu 3k dan 2b, sedangkan penulisan 3 ekor kucing, 2 ekor bebek dan 4 ekor ayam, yaitu 3k + 2b + 4a, disebut bentuk aljabar suku banyak (polinom) karena terdiri dari tiga suku yaitu 3k, 2b dan 4a.  Jadi, apakah yang dimaksud dengan suku?  Suku adalah bagian dari bentuk aljabar yang dipisahkan dengan tanda + atau -.  Suku dalam bentuk aljabar terdiri dari:

1. Bentuk aljabar suku tunggal
adalah bentuk aljabar yang terdiri dari satu suku.
contoh : 2x, -3xy, dan  5m2
2. Bentuk aljabar suku dua (binom)
adalah bentuk aljabar yang terdiri dari dua suku.
contoh : 2a + 4. 3x – 2y, dan -5m2 + 2n
3. Bentuk aljabar suku banyak (polinom)
adalah bentuk aljabar yang terdiri dari tiga suku, empat suku dan seterusnya.
contoh : 3k + 2b+ 4a, 2x2 + 3x -12, dan 5x2y + 3x3y2 + 2x4y3 + 7xy2.
Nah, sekarang kalian sudah paham apa yang dimaksud dengan bentuk aljabar dan suku-suku pada bentuk aljabar. Kalau kalian sudah paham cobalah jawab contoh soal berikut tanpa melihat jawaban, kemudian cocokkanlah jawaban kalian dengan jawaban yang sudah tersedia dengan cara klik  ketombol jawaban.

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Alhamdulillah, 4 Peserta Didik SMP Muhammadiyah 1 Surabaya lolos masuk babak selanjutnya dalam KSN (KOMPETISI SAINS NASIONAL) TAHUN 2021 TAHAP 1 DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA

Jadwal Pembelajaran Daring Semester Genap 2021

PPDB SMP Muhammadiyah 1 Surabaya